Layout untuk Desain Ruang Keluarga Modern Yang Menarik

Dalam mendesain sebuah rumah minimalis, salah satu bagian ruang yang perlu kita perhatikan penataannya adalah ruang keluarga. Ruang keluarga mempunyai peranan yang cukup penting, diantaranya sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menonton TV dan berbincang-bincang, sehingga suasana rumah menjadi lebih hangat.

Dalam dunia desain, ada beberapa macam pilihan Layout untuk Desain Ruang Keluarga. Mulai dari :
1. Layout dengan bentuk Melingkar
2. Layout yang Terfokus pada Satu Titik
3. Layout yang Ramah Anak
4. Layout yang Simetris, dll.

Dalam menentukan pilihan Layout untuk desain ruang keluarga, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep rumah itu sendiri, Misalnya saja rumahnya mempunyai konsep pedesaan, ya tentunya ruang keluarga pun juga dibuat menyesuaikan.

Berikut beberapa contoh Layout untuk Desain Ruang Keluarga Modern yang Menarik :

Layout dengan Bentuk Melingkar

Layout melingkar merupakan salah satu desain ruang keluarga yang sangat tepat untuk diterapkan pada keluarga yang sering mengabiskan waktu bersama sambil berbincang-bincang, atau juga sering menerima tamu. Penggunaan Sofa dan kursi dengan pola melingkar akan menjadikan posisi dalam bercakap-cakap saling berhadapan sehingga komunikasi menjadi lebih mudah.

Layout untuk Desain Ruang Keluarga Modern Yang Menarik

Selain itu, perhatikan dalam penataan ruangannya. Buat ruang keluarga tersebut menjadi tempat yang nyaman untuk bercakap-cakap. Tata ruangan sedemikian rupa sehingga anggota keluarga lain yang tidak sedang ikut bercakap-cakap, tidak melintas di hadapan anda, melainkan berjalan dengan mengelilingi lingkaran tersebut. Karena apabila ada anggota keluarga yang sering melintas di ruangan tersebut saat anda sendang bercakap-cakap dengan tamu maka akan terkesan kurang sopan. 


Layout yang Terfokus Pada Satu Titik

Layout desain ruang keluarga dengan memfokuskan pada satu titik, sangat cocok sekali untuk diterapkan pada keluarga yang sering menghabiskan waktu sambil menyaksikan TV. Dalam penataan layout seperti ini, buat sofa atau furnitur menghadap ke satu titik, yaitu TV.



Untuk lebih mempericantik ruangan, anda bisa menambahkan karpet, kursi tipe Ottoman, atau bantal lantai, sehingga anggota keluarga bisa memilih apakah ingin duduk di lantai atau duduk di sofa sambil melihat TV.

Layout Yang Ramah Anak

Untuk layout yang satu ini akan sangat tepat diterapkan pada sebuah keluarga yang masih memiliki anak kecil. Untuk penataannya, anda harus memberi ruangan yang cukup untuk tempat anak bermaan, tetapi juga tetap menyediakan ruangan yang cukup untuk orang dewasa. Caranya, anda bisa melakukan penataan sofa dibuat menghadap ke satu arah dan meletakkan sesuatu sebagai pemisah antara ruang duduk dengan ruang bermain anak.


Anda bisa menggunakan meja atau kursi panjang sebagai pemisah antara ruang duduk dengan ruang bermain anak. Sediakan ruang yang cukup dengan fasilitas penyimpanan  mainan atau barang-barang kesukaan anak, sehingga ruang keluarga tetap tertata rapi.

Layout Simetris

Layout Simetris sangat tepat untuk membuat ruang keluarga lebih terkesan formal. Kunci penerapan layout ini yaitu Dengan meletakkan benda dekorasi dan furniture secara seimbang. Sebagai Contoh, anda bisa menyusun dua sofa kecil sejajar dan satu sofa panjang tepat di hadapannya, sehingga posisinya menjadi seimbang. Jika anda meletakkan elemen dekorasi, seperti lampu di sisi sofa panjang, maka sisi sofa pendek juga harus diisi elemen dekorasi lain, seperti pot bunga. Kuncinya adalah keseimbangan (simetri).
Demikian, artikel mengenai Layout untuk Desain Ruang Keluarga Modern Yang Menarik. Semoga bermanfaat

Layout untuk Desain Ruang Keluarga Modern Yang Menarik

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top